Vertical Menu
Search
Categories

Tipe Data PHP

Tipe data dalam bahasa pemrograman berfungsi sebagai pengenal sebuah nilai . Dalam berbagai pemrograman lainnya, biasanya variabel harus dideklarasikan dengan tipe data nya, tapi tidak dengan php. Dalam php akan otomatis dikonversi sesuai dengan karakternya. Lihat pada tutor sebelumnya Variabel pada PHP untuk lebih jelasnya .

Ada beberapa tipe data pada php diantaranya adalah 4 tipe data Scalar ( String, Integer, Floatin Point, Boolean), 2 tipe data Compound (Array, Object), dan 3 tipe data special yaitu resource, NULL, dan callable .

Namun kali ini saya hanya akan membahas tipe data scalar, untuk tipe data selengkapnya bisa dilihat di http://www.php.net/manual/en/language.types.php

 

4 tipe data scalar diantaranya yaitu :

 

1. String

Tipe data string merupakan tipe data yang berisikan karakter, kata,  angka, ataupun kombinasi dari ketiganya . Angka disini bukanlah angka yang bernilai ( Integer atau Floating  point ), tapi yang dimaksudkan disini adalah angka yang merupakan karakter . Untuk membuat sebuah variabel yang bernilai string pada php , digunakan tanda kutip ganda ( ” ” ) . Nilai dari variabel ( ruas sebelah kiri ) kita apit dengan tanda kutip .

Contoh : Kita ingin membuat sebuah variabel Mamplam yang bertipe data string , dan nilainya berisi Mamplam corporation, maka :

$Mamplam1 = "Mamplam Corporation";

Dapat dilihat, pada ruas sebelah kiri –yang merupakan nilai dari variabelnya– , diapit oleh tanda kutip . PHP secara otomatis akan mengenali bahwa tipe data dari variabel Mamplam adalah String.

2. Integer

Integer adalah tipe data yang bernilai bilangan bulat. Jangkauan tipe data integer berkisar antara -2147483648 s/d 2147483647 ( 32 bit ) . Jadi, jika kita menuliskan nilai dari variabel yang kita inginkan berada dalam kisaran tersebut, maka php otomatis mengenali variabel tersebut sebagai integer . Jika diluar batas jangkauan tersebut, maka php mengenalinya sebagai floating point ( misalnya : 2147483647 ).  Cara membuat variabel yang bertipe data integer :

$Mamplam2 = 123;

3. Floating Point

Seperti halnya integer , floating point bernilai sebuah bilangan, tetapi bukan bilangan bulat , melainkan bilangan desimal ataupun pecahan . Dimana jangkauannya adalah 1.7E-308 s/d 1.7E+308.  E+308 menujunkkan 10^308 ( baca : 10 pangkat 308 ) begitupun sebaliknya dengan E-308. Berikut cara membuat variabel yang bertipe data Floating point :

$Mamplam3 = 12.2;

Note : Dalam komputer ( begitu juga kalkulator ) 12,2 ditulis dengan 12.2 . 12.2 merupakan bilangan desimal, jadi php akan mengenalinya sebagai variabel yang bertipe data floating point.

4.  Boolean

Tipe data boolean adalah tipe data yang berisi nilai kebenaran. boolean hanya bernilai salah satu diantara TRUE atau FALSE . Tipe data boolean biasanya digunakan pada struktur kontrol . Contoh untuk membuat variabel yang bertipe data boolean :

$a_bool = TRUE;

Dapat dilihat di ruas sebelah kiri berisi TRUE ( tanpa tanda kutip ) ini artinya variabel tersebut berisi tipe data boolean .

Next : Operator pada PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>